Selasa, 13/September/2022
Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting, Pemerintah Kabupaten Wakatobi Melakukan Rembuk Stunting
Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting, Pemerintah Kabupaten Wakatobi Melakukan Rembuk Stunting

Dalam rangka percepatan penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Wakatobi melakukan Rembuk Stunting, di Aula Villa Nadila-Manugela Kecamatan Wangi-Wangi, Kamis, (04/08/22).

Rembuk ini hadiri oleh lembaga/instansi di Kabupaten Wakatobi, kegiatan ini menghadirkan tiga penalis yang terdiri dari Bupati Wakatobi, H. Haliana. Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud  (via zoom), dan Ketua DPRD Wakatobi, H. Hamirudin.

Bupati Wakatobi, H. Haliana menilai masalah stunting mirip dengan kasus kemiskinan ekstrim. Penyebabnya adalah kemiskinan.“Kalau saya melihat kemiskinan ekstrim ini hampir sama dengan stunting karena stunting ini salah satu penyebabnya adalah persoalan kemiskinan,” ujar H. Haliana dalam sambutan nya.

Bupati Wakatobi Juga mengatakan selain kemiskinan,  penyebab masalah stunting di Kabupaten Wakatobi karena bayi kurang ASI dan asupan makanan yang kurang gizi.“Kalau kita melihat stunting di dinas kesehatan salah satu yang paling rendah di Kabupaten Wakatobi dari hasil data yang diolah oleh dinas kesehatan bahwa salah satu penyebab stunting di Kabupaten Wakatobi 81% karena tidak ASI ekskluf kedua 72% akibat asupan makanan yang tidak memenuhi standar gizi.

Kemiskinan untuk standar nasional adalah mereka-mereka yang tidak memiliki penghasilan atau memiliki penghasilan star di bawah 320. Sedangkan kemiskinan ekstrim adalah mereka yang memiliki penghasilan 250/bulan,” jelasnya.

Oleh karena itu, H. Haliana menyebutkan salah satu penyebab stunting adalah pengetahuan ibu-ibu tentang pentingnya ASI ekslusif bagi bayi.Sementara itu, Wakil Bupati, Ilmiati Daud memaparkan via zoom mengatakan hasil akhir angka stunting yang didapat melalui BKKBN Pusat, 26 persen.

Sedangkan Ketua DPRD Wakatobi, H. Hamiruddin menyampaikan percepatan penurunan stunting juga merupakan tanggungjawab desa, hal itu terlihat dari sisi pandangan peraturan desa tentang penurunan percepatan stunting yang ada di Kabupaten Wakatobi.

Diakhir rembuk stunting ini dilakukan penandatanganan pernyataan komitmen pelaksanaan percepatan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Wakatobi tahun 2022 oleh Bupati Kabupaten Wakatobi, Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi, Ketua Komisi 3 DPRD kabuaten Wakatobi, Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi, Seluruh OPD Kabupaten Wakatobi, LSM, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Wakatobi.

DISKOMINFO WAKATOBI - WAKATOBI TV